Saturday, August 29, 2020

Presiden Indonesia Beserta Biodata singkat dan Foto

 Nama dan biografi singkat Presiden Republik Indonesia.

1. Ir. Soekarno (1945- 1966)

Presiden pertama di Republik Indonesia, Bapak Soekarno inilah yang biasa dipanggil Bung Karno, beliau lahir di Blitar, Jawa Timur, 6 Juni 1901 dan meninggal di Jakarta, 21 Juni 1970. Ayahnya bernama Raden Soekemi Sosrodihardjo dan ibunya bernama Ida Ayu Nyoman Rai. Ketika hidup, beliau mempunyai tiga istri dan dikaruniai ada delapan anak. Dari istri yang bernama Fatmawati mempunyai anak Guntur, Megawati, Rachmawati, Sukmawati dan Guruh. Dari istri yang bernama Hartini mempunyai Taufan dan Bayu, sedangkan dari istri Ratna Sari Dewi, wanita turunan Jepang bernama asli Naoko Nemoto mempunyai anak Kartika. Dan menjadi Presiden Republik Indonesia dari tahun 1945 sampai tahun 1966.


2. Soeharto (1966-1998)

Soeharto ini adalah Bapak Presiden kedua di Republik Indonesia. Beliau lahir di Kemusuk, Yogyakarta, pada tanggal 8 Juni 1921. Ayahnya bernama Kertosudiro seorang petani yang sebagai pembantu lurah dalam pengairan sawah desa, sedangkan ibunya yang bernama Sukirah. Sampai pada akhirnya terpilih menjadi prajurit teladan di Sekolah Bintara, Gombong, Jawa Tengah pada tahun 1941. Beliau resmi menjadi anggota TNI pada tanggal 5 Oktober 1945. Pada tahun 1947, Soeharto menikah dengan seseorang bernama Siti Hartinah, ia seorang anak pegawai Mangkunegaran. Dan menjadi Presiden Republik Indonesia pada tahun 1996 sampai 1998.

3. Bacharuddin Jusuf Habibie (1998- 1999)

Presiden ketiga Republik Indonesia, Bacharuddin Jusuf Habibie lahir di Pare-Pare, Sulawesi Selatan, pada tanggal 25 Juni 1936. Beliau adalah anak keempat dari delapan bersaudara, dari pasangan Alwi Abdul Jalil Habibie dan RA. Tuti Marini Puspowardojo. Habibie menikah dengan Hasri Ainun Habibie pada tanggal 12 Mei 1962 dikaruniai dua orang putra yaitu Ilham Akbar dan Thareq Kemal. Dan menjadi Presiden pada tahun 1998 sampai tahun 1999.

4. KH. Abdurrahman Wahid (1999- 2001)

Adurrahman Wahid ini juga sering dipanggil Gus Dur. Gus Dur ialah putra pertama dari enam bersaudara yang dilahirkan di Denanyar Jombang Jawa Timur pada 4 Agustus 1940. Secara genetik Gus Dur ialah keturunan “darah biru/bangsawan”. Nama Ayahnya adalah K.H. Wahid Hasyim, putra dari K.H. Hasyim Asy’ari, pendiri organisasi terbesar yaitu jam’iyah Nahdlatul Ulama (NU)-organisasi massa Islam terbesar di Indonesia-dan pendiri Pondok Pesantren Tebu Ireng Jombang. Ibundanya adalah Ny. Hj. Sholehah, putri dari pendiri Pesantren Denanyar Jombang, K.H. Bisri Syamsuri. Kakek dari pihak ibunya ini merupakan tokoh NU, yang menjadi Rais ‘Aam PBNU setelah K.H. Abdul Wahab Hasbullah. Dengan demikian, Gus Dur adalah cucu dari dua ulama NU sekaligus, dan dua tokoh bangsa Indonesia.

5. Megawati Soekarnoputri (2001-2004)

Presiden Republik Indonesia kelima, Megawati Soekarnoputri lahir di Yogyakarta, pada tanggal23 Januari 1947. Sebelum diangkat menjadi presiden, beliau adalah Wakil Presiden RI yang ke-8 dibawah pemerintahan Abdurrahman Wahid (Gus Dur). Megawati adalah putri sulung dari pasangan Presiden RI pertama yang juga proklamator, Soekarno dan Fatmawati.

6. Susilo Bambang Yudhoyono (2004- 2014)

Susilo Bambang Yudhoyono adalah bapak presiden RI keenam. Berbeda dengan presiden sebelum- sebelumnya, beliau adalah presiden pertama yang dipilih secara langsung oleh rakyat pada Pemilu Presiden putaran II 20 September 2004. Lulusan terbaik AKABRI (1973) yang juga akrab disapa dengan SBY ini lahir di Pacitan, Jawa Timur 9 September 1949. Istrinya bernama Kristiani Herawati, yang merupakan putri ketiga dari almarhum Jenderal (Purn) Sarwo Edhi Wibowo.

Pensiunan seorang jenderal berbintang empat ini adalah anak tunggal dari R. Soekotjo dan Sitti Habibah. Darah prajurit yang menurun dari ayahnya yang pensiun sebagai Letnan Satu. Sementara itu,  ibunya Sitti Habibah, putri seorang pendiri Ponpes Tremas. Beliau dikaruniai dua putra yakni Agus Harimurti Yudhoyono (mengikuti dan menyamai jejak dan prestasi SBY, lulus Akmil tahun 2000 dengan meraih penghargaan Bintang Adhi Makayasa) dan Edhie Baskoro Yudhoyono (lulusan terbaik SMA Taruna Nusantara, Magelang yang kemudian juga menekuni ilmu ekonomi).

7. Ir. H. Joko Widodo (sekarang)

Ir. H. Joko Widodo atau Jokowi lahir di Surakarta, Jawa Tengah pada tanggal 21 Juni 1961. Jokowi merupakan presiden Indonesia pertama yang bukan dari seseorang yang berlatar belakang elite politik atau militer Indonesia. Ia terpilih bersama wakilnya yang pertama yaitu  Muhammad Jusuf Kalla dan kini bersama dengan KH. Ma'ruf Amin. Jokowi pernah menjabat sebagai walikota Jakarta dan didampingi oleh Basuki Tjahaya Purnama sebelum menjadi Presiden.