Saturday, August 29, 2020

Faktor Yang Mempengaruhi Persebaran Flora dan Fauna di Indonesia

 

Sebelum membahas tentang ini, kita harus membahas sedikit tentang pengertian biosfer. Karena persebaran ini adalah bagian dari biosfer.

Biosfer berasal dari kata bio dan sphaira, bio artinya hidup, dan sphaira artinya lapisan. Jadi biosfer bisa diartikan sebagai kehidupan makhluk hidup di berbagai lapisan bumi.


Faktor Faktor yang Mempengaruhi Persebaran Flora dan Fauna di Indonesia

Adapun faktor- faktor tersebut adalah :

1. Faktor Klimatik (faktor Iklim)

Faktor iklim sangat mempengaruhi persebaran flora dan fauna karena iklim meliputi : 

  • Suhu 
suhu adalah  habitat yang baik untuk flora dan fauna adalah wilayah dengan suhu yang tidak terlalu dingin atau panas, misalnya suhu yang tinggi dapat menyebabkan asimilasi asam arang dan transpirasi pada tumbuhan
  • Kelembaban udara
Kelembaban udara juga berpengaruh langsung terhadap pola persebaran tumbuhan (wilayah basah atau kering)
  • Angin 
Angin juga berpengaruh terhadap proses penyerbukan dan distribusi uap air atau awan yang mengandung hujan
  • Curah hujan 
wilayah yang curah hujan tinggi umumnya memiliki aneka spesies dengan jenis dan jumlah yang relatif lebih banyak; misalnya daerah tropis ekuatorial


2. Faktor Edafik (Tanah)

Tanah juga berpengaruh pada tumbuhan karena sebagai tempat tumbuh dan berkembangnya tumbuhan. Karena meliputi tekstur, struktur, kadar air, suhu, kadar kimiawi, dan unsur biologis

3. Faktor Topografi

Faktor tinggi dan rendahnya suatu tempat juga mempengaruhi penyebaran flora dan fauna, karena tinggi rendahnya suatu daerah juga mempengaruhi suhu dan anginnya.

4. Faktor Biotik (Makhluk Hidup)

Manusia menjadi makhluk biotik yang sangat berperan, karena sifatnya menjaga kelestarian alam dan merusak kelestarian alam tersebut.

Ya inilah artikel  tentang faktor penyebaran flora dan fauna di Indonesia, terima kasih atas kunjungan anda, saya doakan semoga ilmunya bermanfaat. amin.