Friday, August 28, 2020

Unsur- Unsur Seni Tari, Unsur utama dan Unsur tambahan


Seni tari adalah adalah ekspresi jiwa manusia yang disalurkan melalui gerakan- gerakan tubuh dengan berirama.
Seni tari juga terkadang mengandung sebuah pesan dalam setiap gerakan- gerakannya. Agar tercipta gerakan- gerakan yang indah dan ritmis unsur- unsur tari harus diperhatikan. Adapun unsur unsur tari adalah sebagai berikut :
A. Unsur Utama
Unsur utama tari adalah unsur pokok yang harus ada dalam setiap tari.Untuk itu bagian ini adalah bagian yang sangat penting dan harus ada dalam setiap tari. Berikut adalah tiga unsur utama dalam sebuah tari, yaitu: 

    1. Wiraga
Wiraga jika dalam bahasa jawa adalah raga atau badan (dalam Bahasa Indonesia). Meskipun, memang tidak semua gerakan dalam suatu seni tari memiliki maksud tertentu. Gerak biasa atau gerak murni adalah gerakan dalam sebuah tarian yang tidak memilki maksud tertentu, sedangkan gerak maknawi adalah gerakan dalam sebuah tarian yang memiliki makna mendalam dan memiliki maksud tertentu.

    2. Wirama
Tidak ada seorang penari yang bergerak kesana kemari tanpa adanya iringan musik yang mengiringi, pasti ada musik yang mengiringi meskipun hanya musik sederhana seperti hanya memukul kayu, kentongan atau alat musik ritmis sederhana lainnya yang bisa mengiringi.Musik biasanya digunakan untuk mengatur tempo gerakan tari tersebut agar lebih teratur dalam gerakannya.

    3. Wirasa
Wirasa adalah bentuk perasaan yang di hadirkan dalam tarian tersebut, seperti mimik wajah dan alunan perasaan yang mengalir melalui gerakannya.

Adapun unsur tambahan dalam tari adalah :

    1. Tata Rias dan Kostum
Agar lebih mendukung, maka seorang penari di rias dan mengenakan kostum yang cocok untuk apa yang ada dalam makna yang akan disampaikan dalam tari tersebut.

    2. Pola Lantai
Tarian akan lebih indah jika seorang penari menguasai pola lantai, tidak hanya berhenti di satu tempat yang membuat terlihat sangat monoton. Namun penari bisa bergerak kesana kemari dan seperti menguasai tempat dimana ia menari

    3. Setting Panggung
Seni [ertunjukkan biasanya menyeting panggung terlebih dahulu sebelum ia menampilkan seninya. Panggung disesuaikan dengan tarian, agar tidak terlalu lebar dan tidak terlalu sempit, tidak terlalu terang dan tidak terlalu gelap. Seorang tata ruang harus bisa menyeting tempat sesuai dengan tarian yang akan dibawakan.

    4. Properti
Dalam tarian tertentu, seorang penari biasanya membawa properti untuk mendukung seni tarinya. Dengan aksesoris tambahan, penonton yakin bahwa sang penari telah mempersiapkan semuanya dengan sebaik mungkin, dan penontonpun akan merasa nyaman.

Demikianlah penjelasan mengenai unsur- unsur tari.Jika unsur- unsur tersebut diperhatikan, maka akan sangat mendukung dalam melakukan seni tari.